Tugas 'Teori Organisasi Umum'

 Menjadi Pemimpin Seutuhnya
Pada hakikatnya semua manusia adalah pemimpin, tidak perlu berada di suatu organisasi maupun lingkungan, karena setiap insan memiliki tanggung jawab untung memimpin dirinya sendiri. Misalnya dalam memilih keputusan demi masa depan maupun dalam melakukan kegiatan sehari hari. Seseorang yang sudah memimpin dirinya dengan baik akan menimbang nimbang baik buruk serta memperkirakan  dampak setelahnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh kita harus mengetahui apa arti kata dari kepemimpinan.

Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada anggotanya dalam upaya mencapai tujuan organisasi, mempelajari kepemimpinan adalah  kegiatan dalam kerja dengan praktik berpegangan  pada seorang senima ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hal  ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi.

 Bila di Tanya tentang ciri-ciri seorang pemimpin,Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Secara umum atribut personal atau karakter yang harus ada atau melekat pada diri seorang pemimpin antara lain:

1.      mumpuni, artinya memiliki kapasitas dan kapabilitas yang lebih balk daripada orang-orang yang dipimpinnya,

2.      juara, artinya memiliki prestasi balk akademik maupun non akademik yang lebih balk dibanding orang-orang yang dipimpinnya,

3.      tangungjawab, artinya memiliki kemampuan dan kemauan bertanggungjawab yang lebih tinggi dibanding orang-orang yang dipimpinnya,

4.      aktif, artinya memiliki kemampuan dan kemauan berpartisipasi sosial dan melakukan sosialisasi secara aktif lebih balk dibanding oramg-orang yang dipimpinnya, dan

5.      walaupun tidak harus, sebaiknya memiliki status sosial ekonomi yang lebih tinggi disbanding orang-orang yang dipimpinnya.



Sekarang Kita beralih ke pemimpin dalam sebuah organisasi agar sesuai dengan mata kuliah  yaitu “Teori Organisasi Umum”.

Didalam suatu organisasi, banyak sekali jenis karakter dari anggotanya. Bagaimana jika ternyata  salah satu atau beberapa dari anggota organisasi ternyata memiliki tanggung jawab yang sangat payah dibandingkan yang lain. Padahal tanggung jawab yang dimiliki tiap anggota sangat diperlukan oleh sang Pemimpin untuk mengatur team guna menguatkan  team.   Sebagai pemimpin yang seutuhnya kita harus dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari anggota, dengan mengetahui kedua hal tersebut, pemimpin lebih mudah untuk menempatkan anggota sesuai kemampuannya, dan yang paling penting dapat bersabar dan membantu anggonya nya mempunyai performa yang kurang baik.

Jika kita belum masuk dalam sebuah organisasi , janganlah berkecil hati karena kita tetap dapat menjadi pemimpin sejati bagi diri sendiri terlebih dahulu J



Daftar pustaka:



Plurk